Tiga TKI Hadapi Pengadilan Hong Kong Akibat Palsukan Data

By Kanim Pontianak 21 Apr 2016, 05:29:29 WIBBerita Nasional

Tiga TKI Hadapi Pengadilan Hong Kong Akibat Palsukan Data

Tiga Tenaga Kerja Wanita/Buruh Migran Indonesia (BMI) tengah menjalani proses peradilan di Hong Kong, karena terbukti melakukan pemalsuan data pada paspor yang bersangkutan.

"Ada empat BMI yang dituntut pidana oleh Pengadilan Hong Kong, terkait pembenaran data paspor yang dilakukan oleh Konsulat Jenderal RI di Hong Kong, sesuai data Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM)," kata Konsulat Jenderal RI Hong Kong Chalief Akbar Tjandraningrat, Selasa (19/04/2016).

Ia mengungkapkan, dari empat BMI yang dituntut pidana tersebut, satu telah dijatuhi hukuman pidana, tiga orang lainnya sedang menjalani proses peradilan di Hong Kong.

Chalief mengemukakan, banyak BMI yang memalsukan data dirinya khususnya mengenai usia yang bersangkutan, agar dapat bekerja di Hong Kong. Dan itu telah terjadi secara sistematis, melibatkan kepala desa atau aparat di daerah tempat BMI berasal," katanya.

"Terkait itu KJRI Hong Kong rutin melakukan pembenaran data paspor sesuai data SIMKIM, dan hasil pembenaran tersebut diinformasikan kepada pihak Keimigrasian Hong Kong," ujar Chalief.

Sementara itu Konsul Imigrasi KJRI Hong Kong Andry Indrady mengatakan selama 2015 KJRI Hong Kong telah mengeluarkan 23.825 paspor. Dari jumlah tersebut, 25 paspor atau sekitar 0.001 persen teridentifikasi ada perbedaan data antara data pemegang paspor dengan data SIMKIM.

"Terkait itu, KJRI Hong Kong melakukan pembenaran data terhadap 25 paspor tersebut dilengkapi surat pengantar kepada Departemen Imigrasi Hong Kong, yang berisi jaminan terhadap keabsahan serta kebenaran data," ungkapnya.

Meski begitu, lanjut Andry, pihak Imigrasi Hong Kong tetap melakukan tindakan berbeda dengan pembenaran data yang dilakukan KJRI. Pihak imigrasi Hong Kong melakukan perbedaan perlakukan terhadap pemberian visa baru terkoreksi dan penuntutan pidana terhadap BMI bersangkutan.

Karena itu, tambah dia, Konjen RI Hong Kong telah melakukan pertemuan dengan Direktur Imigrasi Biro Keamanan Pemerintah Hong Kong, dan beberapa pertemuan dalam bentuk kelompok kerja dengan Departemen Buruh Hong Kong, konsultasi kepada pengacara pembela buruh migran di Hong Kong dan lainnya.

"Itu semua kami lakukan, selain pendampingan hukum terhadap BMI dalam rangka melakukan pembelaan hukum. Untuk jangka panjang, kami menjajaki kerja sama dengan pihak imigrasi Hong Kong, dalam bentuk nota kesepahaman, antara kedua pihak," ungkap Andry.

 

Sumber : Ditjen Imigrasi Republik Indonesia


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 15 Komentar untuk Berita Ini

  1. seohandal.com 19 Okt 2016, 06:12:10 WIB

    Saya sedang membutuhkan informasi ini. Beuruntung anda memilikinya. Thanks!
    https://seoseattle.co/ || http://besthost.site/ || http://www.fordmustanghistory.com

    Jasa pancang 26 Jan 2017, 14:29:40 WIB

    Instansi terkait mesti lebih jeli lagi dengan Tenaga kerja asing ilegal yang sudah marak masuk di negeri ini.. Saya punya kenalan yang kerja di perusahaan Jasa pancang di China, mereka cukup tegas dengan tenaga kerja asing yang masuk secara ilegal disana. Harus ditiru nih.

    Asli Berita Bola 13 Feb 2017, 09:20:08 WIB

    sebenarnya mereka pun tidak mau begitu pak,.. mereka melakuan nya terpaksa karena sesuap nasi,.. tapi mereka mengunakan cara yang salah,.. jadi harus di bimbing ke jlan benar juga,..

    hp android 20 Mei 2017, 22:48:41 WIB

    sangat membantu

    tv online indonesia 08 Sep 2017, 10:53:22 WIB

    Terkait itu, KJRI Hong Kong melakukan pembenaran data terhadap 25 paspor tersebut dilengkapi surat pengantar kepada Departemen Imigrasi Hong Kong, yang berisi jaminan terhadap keabsahan serta kebenaran data

    sholat dhuha 10 Sep 2017, 00:41:24 WIB

    Dari jumlah tersebut, 25 paspor atau sekitar 0.001 persen teridentifikasi ada perbedaan data antara data pemegang paspor dengan data SIMKIM

    arti nama bayi 22 Sep 2017, 10:27:27 WIB

    Pengadilan Hongkong Akan Putar Video Mutilasi Dua TKW Indonesia

    nama bayi 22 Sep 2017, 10:47:23 WIB

    Kisah Mantan TKI di Hongkong, Pulang Kampung Buka Toko Kelontong

    jasa sewa mobil jakarta 26 Sep 2017, 17:45:09 WIB

    Saya kira Pemerintah perlu melakukan evaluasi terkait dengan perlindungan hukum untuk seseorang yang pergi ke luar negeri dan mendapatkan masalah entah itu berupa perlindungan atau hukuman yang diberikan, jangan sampai mereka diadili di negara lain tapi dengan tidak rasa kemanusiaan. Ini perlu menjadi pelajaran untuk kita semua supaya jangan terlibat kasus yang berhubungan dengan kejahatan

    nonton tv online 15 Nov 2017, 05:24:01 WIB

    Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) Official Website 2014, Nonton program-program seru RCTI secara live streaming di internet dengan kualitas video

    nonton tv online 15 Nov 2017, 05:25:11 WIB

    Inilah beberapa cara nonton TV online gratis melalui situs online streaming terkemuka seperti Mivo TV, Bagan TV, dan juga UseeTV.

    Jasa Website 25 Nov 2017, 19:07:16 WIB

    Wah kok bisa yah berarti lewat mana itu palsukannya,,,
    Nitip jejak pak :D
    https://goo.gl/7jhz3A
    https://goo.gl/h6fRp9
    ht tps://goo.gl/r1kn7p
    https://goo.gl/8EJiYg
    https://g oo.gl/sxYPRj
    https://goo.gl/Hfsukw
    https://goo.gl/e 9hCTW
    https://goo.gl/t3hTMo
    https://goo.gl/JeKgZi

    https://goo.gl/SPxWqn
    https://goo.gl/NcRR2g
    https ://goo.gl/ZzBjZF

    Dhanang Closed House 06 Des 2017, 15:42:12 WIB

    Membantu seseorang mewujudkan sebuah keinginan yang lebih baik adalah menjadi kewajiban yang akan terus saya lakukan. Menyerah dan apatis atas sebuah keadaan adalah sebuah “kematian dalam hidup” yang harus dilawan.

    https://goo.gl/U6whBC

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung : 66628
Pengunjung Online : 2
Hits Hari Ini: 286


Komentar Terakhir

  • Benefits of Lycopene

    Writing with style and getting good compliments on the article is quite hard, to be ...

    View Article
  • Model Batik Pria

    bagiaman bisa begini silahkan klik saja https://goo.gl/Yj1QWY ...

    View Article
  • yalla shoot kora

    good ...

    View Article
  • Salt

    I recently found many useful information in your website especially this blog page. ...

    View Article