TKI Mengubah Data TKI Menuai Petaka

By Kanim Pontianak 21 Apr 2016, 05:23:33 WIBBerita Nasional

TKI Mengubah Data TKI Menuai Petaka

tempat bahwa perbedaan data paspor bukan pemalsuan, tetapi merupakan pembetulan. Dipahami bahwa upaya tersebut tidak mudah karena munculnya data ganda ini mungkin sulit dimengerti oleh otoritas negara lain. 

Namun, dalam beberapa kasus cukup berhasil, Imigrasi setempat memahami bahwa Indonesia sedang dalam proses pembenahan data kependudukan dan akhirnya memberikan izin/visa baru. Sekiranya Imigrasi setempat memberikan visa pada paspor dengan data baru, proses selanjutnya masih cukup panjang karena harus diikuti dengan perubahan pada kontrak kerja, data di account bank, asuransi dan lembaga jaminan sosial yang tidak kalah peliknya. Dalam hal ini, penjelasan Perwakilan merupakan salah satu upaya agar pemilik data ganda tidak menjadi korban untuk kedua kalinya, dikriminalisasi.

Berkaca dari serangkaian permasalahan serupa, kiranya dapat dipahami bahwa dalam dokumen diri melekat hak perdata dan tanggung jawab pidana. Seyogyanya, siapapun tidak mempermainkan keaslian data, jangan berpandangan "apa arti sebuah nama", mengganti data sesukanya yang bisa berakibat buruk dan mempengaruhi hal lain seperti hak waris, klaim asuransi, perwalian dll. Setiap orang bisa berpura-pura "lupa" namanya, tetapi komputer selalu ingat data yang pernah disimpannya. Oleh karena itu, jangan coba-coba mengubah data diri jika tidak ingin menghadapi masalah.

 

Sumber : Ditjen Imigrasi Republik Indonesia


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook