Berita Foto Populer

KANTOR IMIGRASI KELAS I PONTIANAK

Jalan Letjen Sutoyo telp. 0561-765576 Fax. 0561-734516 Pontianak 78121

Imigrasi sebagai pintu gerbang pertama masuknya warga asing ke wilayah Indonesia turut serta menjaga kedaulatan Republik Indonesia. Kesatuan geopolitik Indonesia dengan doktrin wawasan nusantara menjadikan kedudukan imigrasi begitu penting dan dominan sebagai institusi pertama yang menetukan arus masuk dan mobilitas manusia dari seluruh penjuru dunia. Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis dimana tugas pokoknya adalah melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM dibidang keimigrasian diwilayah kerjanya. Sedangkan Fungsi Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak yaitu :

  • Melaksanakan tugas pokok keimigrasian dibidang informasi dan sarana komunikasi keimigrasian.
  • Melaksanakan tugas keimigrasian dibidang lalulintas keimigrasian.
  • Melaksanakan tugas keimigrasian dibidang status keimigrasian.
  • Melaksanakan tugas keimigrasian dibidang pengawasan dan penindakan keimigrasian.

Dibangun pertama kali pada tahun 1986 yang berlokasi di Jalan Letjen Sutoyo No.122 Pontianak dan dibangun kembali pada tahun 2011 diatas lahan seluas 2.532 m² dengan luas bangunan 1.275 m² meliputi area depan 902 m² dan belakang 373 m². Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Landak, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara serta memiliki 2 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yaitu di Bandara Internasional Supadio Pontianak dan Pelabuhan Dwikora. Pada TPI Bandara Internasional Supadio Pontianak yang berlokasi di Kabupaten Kubu Raya melayani tiap orang yang akan keluar dan masuk ke wilayah Indonesia dengan tujuan Malaysia serta Singapura. Sedangkan TPI Pelabuhan Dwikora melayani clereance crew. Dengan personil 4 orang pelayanan di TPI Bandara Internasional Supadio Pontianak serta 3 orang di TPI Pelabuhan Dwikora siap melayani serta menjaga kedaulatan Republik Indonesia. Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak juga memiliki Pos Imigrasi yang terletak di Kabupaten Ketapang yang dibangun sejak Tahun 2007. Jumlah Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak sebanyak 58 orang dengan rincian 38 orang pria dan 20 orang wanita, dengan sumber daya manusia yang ada Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak siap melayani masyarakat Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak dan sekitarnya. Usia Imigrasi indonesia saat ini telah sampai yang ke 62 tahun, serangkaian pencapaian yang di dapat hingga saat ini, telah terbangunan sistem aplikasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pelayanan keimigrasian. Pembangunan sistem informasi manajemen keimigrasian atau (SIMKIM) pertama kali dibentuk pada tahun 2007 dan akan terus berkembang hingga saat ini. Masyarakat dapat secara luas menikmati terselenggaranya SIMKIM ini, melalui penerapan sistem E-Office yaitu sistem penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia, penerapan E-Paspor serta permohonan Visa secara on-line. Pelayanan berbasis IT ini memungkinkan masyarakat untuk membuat permohonan dan mengurus paspor serta mengajukan visa secara online dimana pun dia berada melalui website www.imigrasi.go.id. Dan sekarang dalam rangka optimalisasi pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat dan seiring dengan intensitas pelayanan yang semakin meningkat, maka pada tahun 2002 saat kepemimpinan Bapak Sutiyadi (alm) mulai dirintis upaya untuk mmemiliki gedung yang lebih layak dan memadai dalam rangka memberikan kenyamanan baik bagi pegawai yang melayani, maupun bagi masyarakat yang dilayani.

Kemudian pada tahun Anggaran 2005 saat kepemimpinan Bapak Muslim Mashudi,mulialah dibangun tahap-1 pembangunan gedung baru berupa pengadaan tanah dan pematangan lahan serta pondasi bangunan. Bangunan gedung dua lantai dengan luas bangunan keseluruhan 1.404 M2 berdiri diatas lahan seluas 5960 M2 yang merupakan tahah milik kantor Imigrasi Kelas I Pontianak. Anggaran proyek untuk pembangunan gedung kantor Imigrasi Kelas I Pontianak tersebut telah diajukan memlalui PRADUP tahun 2005/2006 sebesar Rp.6.577.000.000; (Enam milyar lima ratus tujuh puluh tujuh juta rupiah) dan terealisasi pada tahun 2005, hingga pada tanggal 23 Februari 2007 diresmikanlah gedung baru tersebut oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Bapak Hamid Awaludin.

Dengan layanan ini masyarakat tidak perlu mengantri, cukup mengisi form isian dan mencantumkan softcopy surat identitas diri serta persyaratan pendukung lain. Hal ini akan menyingkat waktu pemohon, bebas dari antrian serta bebas calo. Untuk mengimplementasikan rencana aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi dilingkungan Kantor Imigrasi telah dilakukan tonggak kemudahan bagi masyarakat diantaranya ; penerbitan paspor 4 Hari kerja setelah Photo dan wawancara dan bebas dari pungutan liar, menertibkan biro jasa, menyediakan layanan pengaduan melalui email kanim_pontianak@imigrasi.go.id dan SMS Centre 081256301001 serta Seluruh pejabat struktural dan fungsional telah menandatangani Pakta Integritas yang menandakan kesungguhan seluruh Pegawai Kantor Imigrasi ikut mendukung rencana aksi tersebut. Deskripsi. Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan ke luar negeri atau masuk wilayah Negara Republik Indonesia.